8 Resep Masker Madu Untuk Jerawat

Jerawat membandel  dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Namun dengan cara alami seperti masker madu untuk jerawat, masalah ini dapat diatasi.

Dari remaja hingga usia dewasa, jerawat merupakan salah satu faktor penyebab kurangnya rasa percaya diri bagi semua orang. 

Namun ada kabar baik, masalah kulit yang satu ini ternyata bisa diatasi dengan cara alami, yaitu menggunakan masker madu untuk jerawat.

Ternyata selain menjadikan wajah lebih bersih, perawatan ini juga dipercaya membantu mencerahkan dan melembutkan kulit. 

Ada berbagai macam resep masker madu untuk jerawat yang bisa dibuat di rumah. Yuk simak formula rahasianya berikut ini!

Mengapa madu dapat mengatasi jerawat?

Madu dikenal sebagai superfood yang juga dapat digunakan dalam merawat kulit, rambut, serta menyembuhkan luka. Namun, mengapa bahan alami tersebut sedemikian ampuhnya, terutama untuk masalah jerawat? Jawabannya ada pada penjelasan di bawah ini.

Nutrisi madu untuk mengatasi jerawat

Madu memiliki aneka kandungan nutrisi yang berguna untuk kecantikan. Sebut saja vitamin dan mineral lengkap, atau enzim yang mampu meresap dan menyehatkan kulit.

Namun kandungan antiseptik dan antibakteri alaminya menjadikan pemanis alami ini mampu mengatasi masalah kulit. Madu memiliki hidrogen peroksida yang dapat mengempeskan jerawat. Sementara asam amino, vitamin dan enzim bertugas menutrisi dan menenangkan.

Jenis madu yang tepat untuk masker jerawat

Dari berbagai jenis madu yang ada, ternyata semua dapat dijadikan masker jerawat. Asalkan, masih berupa madu mentah (raw honey).

Raw honey adalah madu yang belum mengalami proses lebih lanjut, seperti pasteurisasi. Kandungan gizinya masih lengkap dan alami.

Cara paling mudah mengetahui madu tersebut masih mentah adalah memperhatikan keterangan di label. Biasanya diberi keterangan raw honey, unprocessed honey, unheated, atau natural honey.

Jika masih ragu, maka pilih merek yang memang terbukti menyediakan madu alami, berkualitas dan terjamin keasliannya. Misalnya Madu Apik, salah satu supplier terbesar tanah air yang menyediakan berbagai jenis madu nusantara.

Cara madu mengatasi jerawat

Seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, kandungan hidrogen peroksida dalam madu ampuh mengatasi jerawat. Sementara glucuronic acid yang tinggi akan berubah menjadi glukosa oksidase.

Saat diaplikasikan ke kulit, oksidase berubah menjadi hidrogen peroksida. Fungsinya sangat mirip dengan salah satu zat anti jerawat lainnya, yaitu benzoil peroksida.

Jenis jerawat yang dapat diatasi dengan masker madu

Walaupun dengan tambahan bahan lain, madu relatif manjur untuk berbagai jenis jerawat, tetapi paling ampuh untuk yang merah dan meradang. Pemanis alami ini lebih berfungsi sebagai penyerap cairan daripada membersihkan pori-pori dari sumbatan.

Artinya, madu tidak akan memberikan hasil cepat dan maksimal untuk noda hitam bekas jerawat atau jerawat matang.

8 Resep masker madu untuk jerawat

Nah, setelah mengetahui manfaat dan cara kerjanya, kini saatnya mencoba resep masker madu untuk jerawat. 

Berikut ini adalah 8 resep masker madu yang bisa Anda coba di rumah.

Masker madu murni

Sesuai namanya, satu-satunya bahan untuk masker ini adalah madu murni. Oleskan langsung ke wajah yang telah dibersihkan, lalu diamkan lima belas menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Madu dan aspirin

Anda hanya memerlukan satu hingga dua tablet aspirin, dilarutkan dengan sedikit air. Setelah itu campurkan bersama satu sendok makan madu dan diamkan dua hingga tiga menit.

Aplikasikan ke wajah serta bagian jerawat. Diamkan lima belas menit lalu bilas dengan air hangat. Beberapa saat kemudian cuci kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Madu dan yoghurt

Bahan-bahan:

  • Dua sendok makan susu segar tawar
  • Dua sendok makan madu
  • Satu butir lemon, peras airnya
  • Satu sendok makan yoghurt

Cara membuat dan pengaplikasian:

  • Campurkan semua bahan di dalam satu mangkuk, lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan ke wajah dan bagian tubuh yang berjerawat, kemudian tunggu hingga lima belas menit atau sampai masker mengering.
  • Oleskan kembali masker madu ke atas lapisan pertama tadi dan tunggu hingga mengering. 
  • Bilas dengan air hangat.

Masker ini dapat digunakan setiap hari, paling tidak tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

Madu dan kayu manis

Bahannya adalah tiga atau empat sendok makan kayu manis bubuk dan madu secukupnya. Pastikan cinnamon mengental seperti pasta. Lalu aplikasikan pada wajah hingga hingga merata.

Gunakan masker ini di malam hari dan diamkan semalaman. Agar tidak mengotori bantal. Alasi dulu dengan selembar kain. 

Bilas wajah dengan air hangat keesokan paginya. Gunakan masker ini paling tidak dua kali seminggu.

Madu dan tea tree oil

Gunakan dua tetes tea tree oil dan satu sendok makan madu. Aduk rata kedua bahan lalu aplikasikan pada wajah dan bagian lain yang berjerawat.

Tunggu sekitar 20 menit hingga semua masker kering, lalu bilas dengan air hangat. Masker tea tree dan madu dapat dipakai 2-3 kali seminggu.

Madu dan lemon

Bahan untuk masker ini hanya dua, yaitu satu sendok makan perasan lemon dan madu. Campurkan keduanya hingga rata dan aplikasikan ke wajah.

Tunggu hingga lima belas menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker madu dan lemon sebaiknya diaplikasikan pada malam hari sebelum tidur, minimal tiga kali seminggu.

Madu, aloe vera dan kelp (alga coklat)

Kelp dapat diperoleh di toko kosmetik dalam bentuk bubuk. Jika tidak ada bisa diganti dengan aloe vera.

Campurkan satu sendok makan kelp dan aloe vera yang telah dilumatkan, bersama madu. Aduk ketiganya hingga rata dan diamkan selama sepuluh menit.

Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga dua puluh menit. Bilas dengan air suam-suam kuku, dan beberapa menit kemudian cuci kembali dengan air dingin. Lakukan perawatan dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Madu dan apel

Bahan masker madu dan apel adalah satu butir apel organik dan empat sendok makan madu. Cara membuat dan pengaplikasinnya juga cukup mudah, yaitu:

  • Blender apel beserta kulitnya, atau bisa juga diparut halus.
  • Tambahkan madu ke dalam bubur apel, aduk hingga teksturnya menjadi pasta.
  • Oleskan masker madu dan apel ke seluruh wajah hingga merata. Tunggu hingga sepuluh atau lima belas menit hingga masker mengering.
  • Bilas dengan air hangat.

Pertimbangan sebelum mencoba masker madu

Apakah Anda sudah menentukan resep masker madu untuk jerawat mana yang akan dibuat? Sebentar, tahan dahulu dan pertimbangkan dua poin di bawah ini.

Risiko alergi

Madu sebenarnya relatif aman bagi kulit. Hanya saja, bagi mereka yang cenderung alergi terhadap serbuk sari justru dapat menyebabkan reaksi gatal, kemerahan dan bengkak.

Reaksi yang sama bisa terjadi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Untuk mencegahnya, lakukan tes pakai terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit madu di bagian belakang telinga dan tunggu lima menit. Jika tidak ada reaksi, berarti aman bagi wajah.

Penting sekali memakai masker yang segar. Jadi, buat untuk satu kali pakai. Jika ada sisa, hindari penyimpanan karena dapat menyebabkan wajah alergi ketika diaplikasikan kembali.

Tekstur

Tekstur masker madu yang lengket bisa jadi kurang nyaman. Apalagi jika wajah menempel pada bantal atau benda lain. Hal ini juga memungkinkan maka masker madu belepotan..

Untuk mengatasinya, pastikan wajah benar-benar bersih. Ikat rapi rambut atau gunakan bandana agar tidak mengganggu saat pengaplikasian.

Setelah mengetahui nutrisi, cara kerja, serta resep masker madu untuk jerawat, tentu Anda tidak ragu lagi menggunakannya, bukan? Sebagai pengingat, selalu gunakan madu asli sebagai bahan masker agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Table of Contents

On Key

Related Posts