Apa Itu Madu Trigona? Mari Mengenalnya Lebih Jauh

Madu trigona bukan berasal dari bunga bernama trigona. Istilah diambil dari lebah yang menghasilkannya. Jadi, apa itu madu trigona?

Ada berbagai jenis madu, baik madu hutan liar atau hasil peternakan lebah. Namun, sudahkah mendengar tentang apa itu madu trigona? Pemanis alami ini berasal dari perut lebah unik yang berbeda dari lainnya.

Walaupun belum seterkenal jenis madu lainnya, varian ini memiliki banyak khasiat. Pada artikel berikut akan dibahas tentang apa itu madu trigona, ciri, serta cara memanen.

Apa itu madu trigona

Madu trigona berasal dari perut lebah Trigona sp. yang berukuran kecil, sehingga tidak diproduksi terlalu banyak. Namun, varian tersebut memiliki khasiat beragam dan mulai dilirik oleh konsumen. 

Madu trigona hampir sama dengan multiflora, yang mana lebah penghasilnya memakan nektar bunga apapun. Itulah sebabnya warna dan rasanya sangat khas.

Lebah Trigona sp.

Setelah mengenal apa itu madu trigona, mari membahas tentang lebah penghasilnya. Trigona sp. bertubuh lebih kecil dibandingkan Apis mellifera, lebah madu yang diternakkan. 

Tubuh Trigona sp. hanya berukuran sekitar 3-4 milimeter saja dengan bentuk oval, corak coklat dan kuning keemasan. Lebah ini tidak memiliki sengat seperti dari keluarga Apis.  

Di seluruh dunia ada sekitar 500 jenis lebah tanpa sengat dari keluarga Trigona. Namun jangan salah, jika merasa terganggu mereka akan menyerang dengan cara menggigit bertubi-tubi, sama seperti yang dilakukan Trigona hyalinata.

Di kawasan Asia Tenggara tepatnya Indonesia dan Malaysia, lebah Trigona juga disebut dengan nama kelulut. Ada lebih dari 20 jenis di tanah air, termasuk Trigona Minangkabau dan Sundatrigona moorei. Dari namanya sudah bisa ditebak mereka berasal dari mana, bukan?

Ciri-ciri madu trigona

Madu trigona dapat dikenali melalui ciri-ciri berikut:

  • Warnanya bervariasi, tetapi cenderung gelap. Dengan coklat atau merah kehitaman.
  • Madu trigona hampir selalu tercampur dengan propolis dan ini sangat baik karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
  • Rasanya manis dengan sedikit asam yang segar
  • Lebih cair dari madu biasa

Cara memanen madu trigona

Selain ciri, madu trigona juga memiliki keunikan dari cara memanennya. Satu koloni Trigona beranggotakan beberapa puluh hingga 100.000 ekor lebah. 

Sarang mereka memiliki kantong-kantong madu berbentuk bulat telur, bukan segi enam seperti biasa. Terbuat dari campuran lilin lebah dan propolis yang berfungsi sebagai pembersih sarang.

Lebah Trigona memiliki toleransi tinggi terhadap perubahan cuaca dan tahan penyakit karena ukurannya kecil dan pengaruh propolis. Dalam setahun setiap koloni dapat menghasilkan 500 gram madu yang dipanen hanya sekali, yaitu pada musim panas. 

Jumlah madu yang dihasilkan memang tidak terlalu banyak. Hal itu karena lebah Trigona hanya bisa terbang sejauh 300-500 meter saja untuk berburu nektar.

Madu dapat diambil langsung dari alam liar atau diternakkan. Di alam terbuka, sarang Trigona dapat ditemukan dengan cara mudah, yaitu menangkap salah satu lebah pekerja lantas mengikatkan serat halus ke tubuhnya. 

Serat tersebut akan membuat lebah terlihat saat terbang kembali ke sarangnya. Cukup ikuti pergerakannya.

Sarang kelulut biasanya terdapat di lubang pada cabang pohon. Letaknya rendah, hanya sekitar 2 sampai 5 meter dari permukaan tanah. Untuk mengambil madu dari alam liar biasanya harus menghancurkan sarang.

Cara yang lebih ramah lingkungan adalah menambahkan sabut kelapa di dalam sarang lebah. Media ini berfungsi seperti penampung. Jika sudah penuh, tinggal angkat, peras hingga madu keluar, lalu letakkan yang baru. Dengan begitu koloni lebah tidak akan kehilangan sarangnya. Kelestarian mereka juga tetap terjaga.

Jika diternakkan diletakkan pada kandang-kandang kayu seperti lebah biasa. Madu diambil dengan cara menyedotnya satu-persatu dari lubang menggunakan droplet. 

Dimana mendapatkan madu trigona

Mengingat berjumlah terbatas serta cara memanen yang cukup sulit, tidak semua produsen madu mampu menyediakannya. Karena keterbatasan, ditambah manfaatnya yang sangat beragam bagi kesehatan, varian ini dibanderol dengan harga mahal.

Madu trigona biasanya dijual di pasar lokal. Di Indonesia, penyedia varian ini ialah Madu Apik, produsen sekaligus distributor madu asli berkualitas. 

Pemesanan madu trigona bisa melalui situs resmi atau marketplace Madu Apik. Karena jumlahnya yang terbatas, maka konsumen harus melalui proses pesan terlebih dahulu.

Manfaat madu trigona

Selayaknya varian lain, madu trigona juga kaya akan manfaat. Apalagi berasal dari nektar berbagai jenis bunga dan mengandung propolis. Selengkapnya, berikut adalah manfaat madu trigona.

apa itu madu trigona

Antimikroba

Madu trigona bersifat antimikroba dan antifungi. Kandungan propolis di dalamnya dapat membunuh bakteri jahat dan mencegah infeksi. Jenis ini juga sangat ampuh mengatasi masalah cacingan, sembelit, serta menyeimbangkan flora baik di dalam usus.

Anti inflamasi

Jika dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong, madu trigona dapat menyamankan perut, melawan inflamasi dan menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh. Inflamasi adalah akar penyakit kardiovaskular, radang, dan kanker.

Antioksidan

Madu trigona memiliki kandungan hidrogen peroksida yang tinggi serta vitamin A, C dan sejumlah mineral. Seluruh nutrisi tersebut adalah antioksidan kuat yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Anti kanker

Kanker  adalah penyakit yang diakibatkan kerusakan atau mutasi sel, sehingga mengkonsumsi madu trigona dapat membantu menurunkan risikonya. Kandungan hidrogen peroksida yang bersifat antioksidan mampu meregenerasi sel tubuh yang rusak dengan cepat sekaligus melindunginya. 

Namun bagi pasien kanker, terutama yang sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi madu ini. Tujuannya supaya tidak terjadi kontraindikasi terhadap obat-obatan yang diresepkan.

Menghaluskan kulit

Kandungan enzim, vitamin dan mineral di dalam madu trigona tidak kalah ampuh dalam menghaluskan kulit dan menjadikan wajah lebih awet muda. Antioksidan juga berguna mendorong produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan bebas kerut.

Melengkapi nutrisi di masa pertumbuhan

Anak-anak memerlukan asupan makanan bergizi. Madu trigona bisa menjadi salah satu alternatif. Namun sebaiknya hindari memberikan madu pada bayi berusia di bawah satu tahun.

Perlu diketahui bahwa umumnya madu sangat mudah terfermentasi dan mengandung kadar air tinggi, rata-rata 25%. Karenanya lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi madu trigona yang telah dipasteurisasi untuk menghindari kemungkinan alergi atau diare. 

Nah, setelah mengenal apa itu madu trigona beserta ciri dan manfaatnya, tentu Anda semakin yakin untuk mengkonsumsinya, bukan? Dengan takaran yang tepat, akan mendapatkan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Table of Contents

On Key

Related Posts