Ini Dia Cara Mengetahui Keaslian Madu, Bisa Dilakukan di Rumah!

Maraknya madu campuran yang beredar di pasaran membuat konsumen bingung membedakannya dengan produk original. Dengan demikian penting memahami cara mengetahui keaslian madu.

Khasiat madu yang bagus untuk tubuh membuat permintaan pasar cukup tinggi. Di satu sisi, tingkat produksi masih terbilang terbatas, sehingga mengakibatkan maraknya penyebaran madu olahan atau adulterated.

Terkadang produk hanya mengandung madu beberapa persen saja, sementara sisanya ialah campuran penguat rasa. Lantas bagaimana cara mengetahui keaslian madu? Berikut langkah-langkah yang bisa dipahami!

Kenapa dan bagaimana madu dioplos?

Madu oplosan biasanya menggunakan bahan-bahan hemat biaya, mudah didapat, dan bisa membuat produk tersebut lulus uji laboratorium. Lantas, mengapa kebanyakan produk madu dioplos?

Hal ini karena tingkat konsumsi yang tinggi membuat para produsen semakin kesulitan untuk memenuhi permintaan. Proses pengambilan madu yang membutuhkan waktu  cukup lama pun menjadi alasan kenapa produk dipalsukan atau dicampur berbagai bahan tambahan. 

Pada akhirnya madu ditambahkan bahan campuran seperti air, gula, zat glukosa, hingga fruktosa. Proses pencampuran menggunakan teknik tersendiri supaya nantinya bisa lolos uji lab. Kemudian produk dijual dengan harga miring, namun memanfaatkan madu sebagai bahan promosi utama. 

Bahaya mengonsumsi madu oplosan

Ada efek samping berbahaya jika sering mengonsumsi madu oplosan, sebab didalamnya cukup banyak mengandung gula. Sebagai contoh campuran gula berlebihan akan menghasilkan 600 kalori, sedangkan kandungan pada madu asli hanya sebesar 22 kalori dalam satu sendok.

Jika terlalu banyak meminum madu oplosan akan menyebabkan penyakit komplikasi, seperti jantung, diabetes, hati hingga pertambahan berat badan. Maka sebaiknya perlu berhati-hati dalam memilih madu untuk dikonsumsi.

Ciri-ciri madu murni

Madu telah dikenal sejak zaman dahulu karena mempunyai khasiat yang baik. Selain untuk kesehatan, juga dimanfaatkan sebagai bahan utama skincare dan penyembuh luka. 

Sebagai informasi ketika hendak membeli madu murni yang aman, ketahui ciri-cirinya berikut ini.

  • Tekstur madu sangat kental

Madu asli mempunyai tekstur sangat kental. Cara mengetahuinya yaitu dengan tuangkan bahan alami tersebut ke sendok makan, lalu coba teteskan. Jika gerakan lambat, maka sudah dipastikan itu madu murni.

  • Madu asli tidak lengket

Madu asli juga mempunyai sifat tidak lengket. Apabila menggesekan jari di atasnya, maka tidak akan ada zat yang menempel pada kulit. 

  • Tidak mudah larut dalam air

Madu asli tidak akan mudah larut dalam air, melainkan turun ke dasar gelas karena mempunyai massa jenis lebih berat. Berbeda dengan madu oplosan, ketika diaduk bersama campuran air hangat sekaligus, zatnya mudah larut.

  • Rasa tidak tertinggal di lidah

Ciri terakhir yaitu rasa tidak tertinggal di lidah saat mencicipi madu asli karena kandungan pH dan mineral yang tinggi membuat zat tersebut lebih cepat terurai oleh air liur.

Manfaat mengkonsumsi madu murni

Selain sebagai pelengkap rasa pada minuman, madu asli dapat membantu menurunkan risiko berbagai gejala penyakit, seperti kanker, darah tinggi, sesak napas, jantung hingga radang tenggorokan.

Selain itu, manfaat madu asli bisa menjadi anti bakteri yang mampu membunuh Ecoli, Salmonella, H.pylori, hingga Staphylococcus. Bahkan sejak zaman mesir kuno bahan makanan ini membantu dalam penyembuhan luka bakar.

Cara mengetahui keaslian madu lewat berbagai cara sederhana

Mengetahui keaslian madu penting dipahami sebelum memutuskan membelinya di pasaran. Selain ditentukan oleh merek, juga perlu dilakukan pengetesan sederhana. 

  • Memanaskan atau membekukan madu

Cara mengetahui keaslian madu dapat Anda lakukan dengan cara memanaskan atau membekukan. 

Cara tes madu dengan memanaskan:

  1. Pertama siapkan madu pada sendok makan atau teh. 
  2. Selanjutnya panaskan di atas kompor, lilin,  atau korek api. 
  3. Jika madu berbusa, dapat dipastikan bahwa itu madu murni.

Cara tes madu dengan membekukan:

  1. Masukkan madu ke dalam freezer. 
  2. Tunggu beberapa saat. 
  3. Jika madu tidak membeku maka dapat disimpulkan bahwa itu madu murni.
  • Tes dengan korek api

Cara berikutnya yaitu melumuri ujung korek api dengan madu, setelah itu nyalakan. Jika menyala berarti produk terbukti murni. 

Hal tersebut dikarenakan madu tanpa oplosan air tidak akan membasahi permukaan korek. Langkah ini sangat efektif jika sedang di toko madu dan melakukan pada sisi tester untuk mengetahui keasliannya.

  • Menggunakan campuran cuka

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membuktikan keaslian madu yaitu menggunakan campuran cuka.

  1. Campurkan 3 tetes cuka, sedikit air dan satu sendok makan madu di suatu wadah 
  2. Jika campuran tersebut berbusa, sudah dipastikan madu tersebut telah dioplos
  • Tes kertas atau kain

Cara kali ini yaitu menggunakan media kain atau kertas. Langkah-langkahnya yakni cukup letakan madu di atas benda tersebut. 

Lalu tunggu beberapa saat. Jika asli, maka cairan di atas media kertas atau kain tidak akan terserap dan meninggalkan noda. 

  • Menggunakan ibu jari

Cara terakhir yang sangat mudah dilakukan adalah dengan meletakan sedikit madu pada ibu jari. Jika tidak menetes atau membutuhkan waktu lama untuk menyebar pada area jempol, dapat dipastikan bahwa produk tersebut asli tanpa campuran apa pun.

Demikian sekilas pembahasan tentang cara mengetahui keaslian madu. Pastikan Anda membeli madu murni dari produsen terpercaya seperti Madu Apik. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan frekuensi konsumsi madu agar tidak berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Table of Contents

On Key

Related Posts