Inilah 10 Khasiat Madu Sari Kurma untuk Kesehatan

Khasiat madu sari kurma bermanfaat untuk kesehatan. Kombinasi ini aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga ibu hamil. 

Kurma memiliki nutrisi baik untuk kesehatan. Selain lezat, buah asal Timur Tengah ini mengandung kalium, magnesium, tembaga, besi, vitamin A, K, B6, folat dan riboflavin. Tidak heran bila khasiat madu sari kurma mampu mengatasi berbagai jenis penyakit.

Agar mudah mendapatkan khasiat madu sari kurma, kini kombinasi tersebut tersedia dalam bentuk kemasan. Meskipun diproses hingga berupa sirup, namun bisa dijadikan sebagai minuman sehat harian. 

Berikut ini merupakan khasiat madu sari kurma yang perlu Anda ketahui sebelum rutin mengkonsumsinya. Simak, yuk!

Kenapa madu sari kurma bermanfaat untuk kesehatan?

Madu sari kurma dibuat dari campuran madu dan kurma yang diambil sarinya. Teksturnya kental mirip molase dan memiliki rasa kompleks. Meski begitu sensasi alami membuatnya lebih dari sekadar minuman sehat.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kombinasi madu dan sari kurma mengandung berbagai vitamin dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja khasiat madu sari kurma?

  1. Mengatasi gangguan usus

Penelitian menunjukkan bahwa kurma mengandung serat yang tidak larut dan larut, serta banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan, sehingga lebih lancar di dalam usus. 

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Review, serat tersebut dapat membantu dalam pengobatan penyakit refluks gastroesofageal (GERD), divertikulitis dan wasir. Jadi Anda bisa mengkonsumsi madu sari kurma jika sering mengalami sembelit.

  1. Memperkuat tulang

Sebuah publikasi oleh dari North Dakota State University menunjukkan bahwa kurma mengandung boron, merupakan salah satu nutrisi bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang. 

Kurma sendiri sudah sejak lama diketahui mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Mineral tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Oleh sebab itu mengkonsumsi madu sari kurma secara rutin mampu mencegah osteoporosis atau pengapuran.

  1. Menurunkan risiko sakit jantung

Kandungan serat dalam kurma mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Serat mengikat kolesterol dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah. Kemampuan mencegah timbunan lemak yang menumpuk di arteri dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu kandungan antioksidan madu sari kurma dapat mengurangi trigliserida atau lemak yang ditemukan dalam darah. Kadar trigliserida tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Mengatasi gangguan penglihatan

Jika mengalami masalah penglihatan, terutama rabun senja, maka bisa mencoba mengkonsumsi madu sari kurma. Ya, kandungan vitamin A dan K, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, riboflavin, thiamin, seng, serta folat menjadikan kombinasi ini wajib dikonsumsi sebagai asupan tambahan untuk kesehatan mata.

  1. Meningkatkan hemoglobin

Dalam penelitian bertajuk Date Palm (Phoenix Dactylifera) Consumption as a Nutrition Source for Mild Anemia yang diterbitkan dalam jurnal Gaceta Sanitaria pada tahun 2021 menunjukkan dampak konsumsi madu sari kurma pada perbaikan kualitas darah.

Temuan dalam penelitian ini terkait dengan konsumsi madu sari kurma untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah pada ibu hamil. Gejala yang dialami sebelum mengonsumsi adalah anemia ringan. Namun setelah rutin minum minuman sehat tersebut, kondisi tubuh jadi lebih stabil.

Kombinasi madu dan sari kurma merupakan duo booster yang mengandung energi tinggi dan komposisi ideal, mulai dari karbohidrat serta vitamin dan mineral.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat dari madu sari kurma adalah membantu meningkatkan fungsi otak. Kemampuan itu diketahui dari hasil penelitian yang bertajuk Beneficial Effects of Date Palm Fruits on Neurodegenerative Diseases

Kandungan antioksidan, seperti flavonoid yang tinggi di dalam madu sari kurma dapat mengurangi peradangan. Alhasil penyakit penurunan fungsi saraf otak seperti Alzheimer bisa ditekan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Buah kurma sendiri tinggi antioksidan dan vitamin A yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Disamping itu juga mengandung vitamin C atau  asam pantotenat yang membantu meningkatkan elastisitas dan membantu mengencangkannya. 

Jadi mengkonsumsi madu sari kurma sejak awal akan sangat membantu merawat kesehatan kulit di masa mendatang.

  1. Memperlancar persalinan

Dalam sebuah studi bertajuk Effect of Dates in Late Pregnancy on the Duration of Labor in Nulliparous Women menemukan bahwa durasi 3 fase persalinan lebih pendek terjadi pada wanita yang mengkonsumsi kurma di akhir kehamilan. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsumsi madu sari kurma bermanfaat dalam mengurangi durasi persalinan dan kebutuhan akan suntikan oksitosin untuk mempercepat persalinan.

  1. Membantu mengurangi peradangan 

Peradangan adalah reaksi tubuh untuk melawan penyakit, trauma, serta infeksi. Itu sebabnya ketika mengalami cedera olahraga, salah satu area yang terlibat akan membengkak. 

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa madu sari kurma bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan peradangan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

  1. Menguatkan dan mengurangi rambut rontok

Konsultan dermatologis, Dr Chiranjiv Chhabra mengatakan bahwa mengkonsumsi kurma secara rutin dapat membuat rambut lebih kuat dalam waktu singkat. 

Kemampuan itu didapat dari kandungan zat besi dalam kurma yang meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga memperkuat akar rambut. Selain itu, antioksidan pada madu mampu mencegah munculnya ketombe, maka pertumbuhan rambut lebih cepat.

Cara mengkonsumsi sari madu kurma yang benar

Aturan pakai yang tepat untuk mengkonsumsi madu sari kurma adalah satu sendok makan, baik sebelum atau sesudah sarapan. Lanjutkan dengan takaran yang sama setelah makan malam. 

Meskipun demikian, pastikan untuk perhatikan dosis harian supaya tidak berlebihan. Terutama bagi penderita diabetes, harus dibarengi dengan kontrol kadar gula darah secara rutin.

Khasiat madu sari kurma bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menerapkan pola hidup sehat, ya!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Table of Contents

On Key

Related Posts