Manfaat Telur Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kombinasi telur dan madu telah dikonsumsi sejak zaman dahulu sebagai booster stamina. Ternyata manfaat telur madu memang sangat beragam, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat telur madu diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Kombinasi ini terbukti mampu menambah imunitas bagi siapapun. Salah satu resep terkenal yang biasa ditemui di Indonesia ialah STMJ (susu telur madu jahe).

Pada artikel kali ini akan menyoroti manfaat telur madu bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Mari disimak bersama-sama, yuk!

Kandungan gizi telur dan madu

Campuran telur dan madu memiliki kandungan nutrisi lengkap. Keduanya juga termasuk superfood yang dapat menyehatkan tubuh sekaligus membantu mengatasi berbagai penyakit.

Nutrisi telur sebagian besar berada pada kuningnya, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan B12, lemak, asam amino serta sejumlah mineral. Sementara bagian putihnya mengandung protein tinggi dan kalsium. 

Sedangkan madu memiliki kandungan multivitamin dan mineral, serat, beberapa jenis enzim, antioksidan, antibakteri dan antifungi. Produk lebah ini juga sumber gula dan energi. 

Perpaduan dua bahan dalam resep tradisional Indonesia ini akan menghasilkan minuman enak dan bergizi tinggi. Bahkan Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sebagai peningkat stamina.

Manfaat telur madu untuk kesehatan

Campuran telur dan madu dapat ditemui dalam beberapa resep, misalnya:

  • STMJ, telur dan madu disatukan dengan susu serta jahe
  • Telur mentah yang diaduk bersama madu murni lalu diminum langsung
  • Telur setengah matang dan madu murni

Umumnya telur yang dipakai adalah dari ayam kampung, namun jenis lainnya juga tidak kalah bergizi. Nah, semua varian minuman tersebut ternyata memiliki manfaat sangat penting, diantaranya:

Memenuhi kebutuhan protein dan vitamin

Seperti yang disebutkan di atas, baik telur maupun madu mengandung zat gizi saling melengkapi. Perpaduan keduanya mampu memenuhi kebutuhan protein dan vitamin, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Menambah energi

Madu adalah sumber gula yang bertindak sebagai bahan utama untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Mengkonsumsi telur dan madu akan memberikan tambahan stamina selama beraktivitas seharian.

Mencegah anemia

Kandungan vitamin B, zat besi dan mineral lainnya dalam telur dan madu membantu mencegah anemia. Masalah kesehatan ini bukan hanya menyebabkan tubuh lemas, melainkan juga menghambat perkembangan kognisi bila dialami oleh anak-anak.

Mengobati nyeri lambung

Telur ayam kampung mentah dicampur dengan madu murni, lalu ditambahkan sari kunyit adalah obat tukak lambung yang ampuh. Paduan ketiga bahan tersebut mampu meredakan gastroesophageal reflux disease (GERD) dan memperbaiki sel-sel pencernaan yang rusak.

Menjaga performa seksual

Sejak lama madu dianggap sebagai afrodisiak. Jika dipadukan dengan telur, maka dapat memberikan energi tambahan dan memperlancar peredaran darah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini biasanya telur ayam kampung mentah diambil kuningnya dan dicampur dengan dua sendok teh madu. Lalu diminum sekitar satu jam sebelum berhubungan suami istri.

Manfaat Telur Madu Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan dan vitalitas, manfaat telur madu juga terjadi pada kulit serta rambut. Sebagai perawatan alami, mulai cari tahu tentang khasiat campuran tersebut berikut ini.

Menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit

Campurkan sebutir telur (lengkap kuning dan putihnya) bersama satu sendok makan madu lalu aduk rata.  Oleskan ke wajah dan leher hingga merata, lalu diamkan selama lima belas menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Kandungan antioksidan di dalam madu membantu mendorong produksi kolagen. Sementara multivitamin pada telur menjadikan kulit lebih sehat.

Mencegah jerawat

Madu memiliki sifat antibakteri. Karenanya sangat tepat untuk menghilangkan jerawat. Semantara telur membantu memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat masalah tersebut.

Menjadikan kulit awet muda

Memakai masker telur dan madu dapat menghilangkan kerutan di wajah. Apabila diaplikasikan secara rutin maka akan memungkinkan kulit lebih kencang, menghilangkan noda hitam akibat sinar matahari, serta kenyal.

Mencegah kebotakan

Telur dan madu menyumbang vitamin untuk memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Cara pengaplikasiannya adalah mencampur kedua bahan lalu oleskan sebagai masker di area kulit kepala.

Setelah dioleskan, diamkan selama lima belas menit sebelum dibilas dengan air dingin. Langkah ini paling tidak diaplikasikan seminggu sekali.

Menambah keindahan rambut

Selain memperkuat akar rambut, madu dan telur turut memperindah mahkota Anda, menjadikannya berkilau, mudah diatur, lebat serta halus. Cara perawatan hampir sama dengan poin sebelumnya.

Ternyata manfaat telur madu sangat beragam. Selain dikonsumsi langsung, juga dapat dijadikan masker wajah dan rambut. Namun harap berhati-hati menggunakan produk tersebut jika memiliki riwayat alergi.

Oleskan sedikit masker ke pergelangan tangan atau belakang telinga. Jika dalam lima menit tidak ada reaksi alergi, berarti aman digunakan. Semoga bermanfaat!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Table of Contents

On Key

Related Posts