10 Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan, Nomor 9 Jarang Dilirik Orang!

Menjadi pengusaha membutuhkan ketekunan, tekad dan modal memadai. Namun, ada juga peluang usaha modal kecil menguntungkan. Bahkan cukup mudah untuk pengusaha pemula.

Sebagian calon wirausaha terbentur modal saat ingin memulai bisnisnya. Apalagi saat inflasi melonjak dan harga kebutuhan hidup meningkat, sepertinya sulit mencari peluang usaha modal kecil menguntungkan.

Namun, jangan berputus asa dulu. Dengan kejelian plus kreativitas, sebenarnya ada banyak peluang usaha dengan modal kecil menguntungkan.

10 Peluang usaha modal kecil menguntungkan

Di bawah ini adalah 10 peluang usaha modal kecil menguntungkan. Anda dapat memodifikasi beberapa di antaranya sesuai kemampuan. Yuk, disimak!

Usaha les privat atau online

Hampir setiap tahun ajaran baru, ada saja murid sekolah yang butuh pelajaran tambahan. Zaman sekarang, les juga dapat dilakukan secara online melalui perangkat seluler. Namun Anda juga bisa menjalankan privat dari rumah ke rumah.

Usaha ini nyaris tidak membutuhkan modal. Hanya saja harus memiliki kemampuan mengajar dan menguasai suatu mata pelajaran. Cukup pasang iklan di media sosial dan memperbanyak relasi untuk menjaring murid baru.

Dropshipper

Sejak lama dropship menjadi andalan mereka yang ingin berwirausaha tetapi memiliki modal terbatas. Dengan menjadi dropshipper, cukup menangani pemesanan dari pelanggan lalu meneruskannya ke agen atau distributor barang.

Tidak perlu sewa tempat, menyetok barang, mengurus pengepakan, serta operasional retail yang rumit. Bagaimana, mudah dan nyaris tanpa modal bukan? Tantangan utamanya adalah memilih agen atau distributor terpercaya

Berjualan makanan kecil

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Makanan kecil selalu jadi favorit semua orang, tua maupun muda. Jika hobi memasak atau membuat cemilan, kenapa tidak mencoba untuk menjualnya?

Bisnis cemilan tidak membutuhkan modal besar, asal dapat mengolah kreativitas. Target bisa menyasar murid-murid sekolah, anak-anak di lingkungan tempat tinggal, maupun secara online.

Penulis lepas

Punya kemampuan bahasa dan mengolah kata dengan baik? Mengapa tidak mencoba menjadi penulis lepas? Menulis artikel, copywriting, ataupun fiksi di online platform.

Saat ini menulis juga dapat dilakukan di ponsel pintar, jadi tidak harus memiliki laptop. Namun pastikan jaringan internet stabil karena sebagian besar pekerjaan dan komunikasi dilakukan secara daring.

Laundry kiloan

Salah satu peluang usaha modal kecil menguntungkan yang umum dipilih adalah laundry kiloan. Usaha ini dapat dilakukan di rumah, menggunakan mesin cuci dan setrika milik sendiri. 

Modal tambahannya hanya pewangi pakaian, plastik untuk mengemas, timbangan, serta kwitansi pembayaran. Lebih baik menggunakan setrika uap agar pakaian lebih cepat rapi dan menghemat listrik. Namun setrika biasa juga cukup memungkinkan.

Pet sitting

Jika Anda penyayang binatang, memiliki banyak waktu luang dan suka bermain-main dengan para hewan peliharaan, usaha ini sangat cocok dilaksanakan.

Yang perlu dilakukan adalah menjaga hewan peliharaan klien selama beberapa jam. Memberi makan, mengajak jalan-jalan, menemani bermain, atau hal lain sesuai permintaan. Definisi sambil bekerja sambil bersenang-senang, bukan?

Berjualan tanaman hias

Jika hobi mengoleksi tanaman hias, maka jenis usaha ini sangat cocok dijalankan. Meskipun cenderung musiman dan mengikuti trend, namun jika jeli menangkap peluang pasar, keuntungannya bisa berkali lipat.

Affiliate marketing

Menjadi affiliate marketing dapat dijalankan secara online dan dari mana saja. Sistem kerjanya beragam, tergantung kesepakatan dengan klien. Namun peluang usaha modal kecil menguntungkan satu ini menjanjikan pendapatan tanpa batas.

Tugas affiliate marketing adalah memasarkan suatu produk. Penghasilan akan didapat sesuai jumlah barang yang terjual. Akan tetapi tidak ada potongan apapun jika gagal memasarkan atau menggaet pelanggan.

Produksi pupuk alami

Usaha ini sangat bersinergi dengan gaya hidup sehat dan naturalis. Pupuk alami dapat dibuat dari sampah organik yang difermentasi. Hasilnya berupa kompos, kompos cair, dan eco enzyme.

Saat ini pupuk alami sedang trend di kalangan masyarakat. Selain mendapat keuntungan, juga berperan dalam menyelamatkan lingkungan.

Peluang usaha modal kecil menguntungkan ternak lebah madu

Usaha ternak madu adalah peluang usaha modal kecil menguntungkan yang jarang dilirik orang. Sebagian menganggap bisnis ini sulit dan berisiko tinggi.

Padahal ternak lebah madu sebenarnya cukup mudah karena serangga tidak perlu diberi makanan khusus seperti peliharaan lainnya. Modal yang diperlukan juga sebenarnya tidak besar. Bahkan bisa dijalankan dengan modal di bawah 5 juta rupiah.

Memang diperlukan beberapa tips usaha lebah madu agar hasilnya maksimal. Namun hal tersebut dapat dipelajari dari buku, internet, atau mengikuti berbagai pelatihan.

Sewa mainan anak

Usaha sewa mainan juga dapat dikatakan tanpa modal. Jika mainan si kecil cukup banyak dan masih sangat layak pakai, tidak ada salahnya disewakan.

Anda dapat menawarkan sewa mainan pada kerabat dan tetangga, komunitas, maupun melalui media sosial.

Dari sepuluh peluang usaha modal kecil menguntungkan di atas, semoga ada salah satu yang menginspirasi. Jangan lupa bahwa kreativitas dan kejelian melihat peluang juga sangat dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Table of Contents

On Key

Related Posts